Membuat Kotak 3D dengan Photoshop

5 komentar
Mudahnya Membuat Kotak Nampak 3D dengan Photoshop
Kolom tutorial photoshop kali ini kita akan belajar bagaimana membuat kotak kemasan/product box yang nampak seperti 3D, berguna untuk membuat gambar ilustrasi kemasan produk yang anda jual agar menjadi tampak lebih menarik dan bonafide untuk dibeli. Diharapkan dengan adanya ilustrasi box produk yang menawan baik pada suatu brosur ataupun di web selain mempercantik tampilan, tujuan akhirnya adalah ya tambah laris terjual produknya, Amin... hehe :P
Membuat Boks Kemasan produk dengan Photoshop
Cara pembuatan sampul 3D ini cukup mudah, hanya dengan menyiapkan gambar yang akan di buat kedalam bentuk kotak/boks ataupun sampul buku/ebook, gunakan fungsi transform dalam sotosop photoshop sambil berimajinasi 3D yang proporsional sedikit dan,, jadi! Yup sesimpel itu membuat sampul/cover 3D, bayangkan saja kita membuat kotak beneran cukup menggunakan 3 sisi saja, yakni sisi atas, sisi samping dan sisi depan.

Langkah Membuat Boks Kemasan 3D dengan Photoshop
Langsung saja berikut penjelasan dari 4 langkah mudah gambar diatas dalam membuat box/kotak nampak 3 dimensi menggunakan photoshop.
  1. Pertama siapkan dulu gambar yang akan kita olah dengan membukanya di photoshop, tentukan seberapa besar ukuran sisi-sisi kotak yang akan kita buat. misalkan kita coba dengan 300 x 400 pixel. Buatlah susunannya gambar seperti sisi atas, sisi samping dan terakhir sampul depan usahakan perpaduan warna seakan menyatu antara sisi tersebut walaupun nantinya akan dipotong supaya nampak lebih real.
  2. Kemudian crop menjadi 4 bagian meskipun nantinya hanya 3 sisi bagian yang digunakan menggunakan menu crop dengan mode kotak yang ada di toolbar photosop, Setelah terbagi menjadi 4 bagian buang/delete-lah bagian yang paling kiri atas (lihat gambar).
  3. Langkah selanjutnya adalah mentransform masing-masing potongan (berupa layer) tadi satu demi satu. Klik sisi/layer mana dulu yang mau ditransform pada tab layer photoshop kemudian klik Edit di menu utama photoshop sorot menu Transform kemudian pilih yang Distort. Satu demi satu sisi sisi yang telah kita corp tadi kita transform secara distort dengan mengeklik sudut-sudut luar dan arahkan ke arah yang tepat seperti contoh gambar langkah 3. Nah di sinilah kita membutuhkan daya imajinasi dalam mentransformnya sehingga nampak seperti 3D dengan memindahkan sudut melalui klik dan tahan kemudian arahkan kemana sudut itu mau dipindah. Usahakan bila sedang mentransform secara distort ini jangan terburu melepas klikan bila kurang yakin karena jika kita melanjutkan mentransform yang telah kita transorm pertama tadi sudut untuk klik transformnya menjadi tidak tepat berada pada sudut gambar awal, untuk itu gunakan saja undo bila terjadi kekeliruan seperti terlalu menjorok atau terlalu sedikit transformnya.
  4. Sudah jadi deh,, select all layer lalu transform biasa dengan menekan CTRL+T kemudian miringkan sedikit saja bagi yang suka tampak miring atau kalau tidak dimiringkan juga no problemo.
Untuk mempercantiknya banyak juga cara-cara yang bisa diterapkan seperti menambahkan efek bayangan (Shadow), efek Zooming, oprek background dll yang penting enak dilihat aja deh perpaduan warnanya. Mudah kok silakan dicoba, selamat berkreasi membuat kotak cover box 3d produknya ya, salam :)

Ups ada juga yang buat cover 3d ebook, dvd case, cd case kotak/box-nya pake software. Secara memang lebih mudah karena tinggal pasang gambar sisi2 produk, utak atik tampilan 3dnya dan taraaaa,, cover 3d sudah jadi.. Software pembuat cover 3d ini namanya,, ah untuk infonya ada di http://saktyambara.blogspot.com/2011/07/membuat-cover-3d-dengan-software-cover.html klik aja :p
Incoming keyword google search terms:
membuat kotak produk 3d dengan photoshop, cara membuat 3d kotak dengan photoshop, membuat box 3d produk, langkah membuat gambar nampak 3d, tutorial photoshop gambar produk 3d, efek 3d box sampul, kemasan 3d ebook, 3d sampul buku, membuat kotak box kemasan produk, kotak produk 3d, menggambar kotak produk nampak 3d, membuat obyek 3d menggunakan photoshop, kotak 3d, box 3d mudah, tutorial photoshop mudah, cover ebook, box kemasan produk 3d, belajar photoshop 3d, cover 3d photoshop, kemasan produk 3d, cara mudah membuat cover ebook , membuat box 3d dengan mudah , belajar photoshop kotak 3d, cover 3d menggunakan photoshop dengan mudah, mudah membuat kotak 3d

5 komentar

fenny mengatakan...

Bagus juga ya gambarnya,, oke akan kucoba deh.

Anonim mengatakan...

mantap bos

Ramones mengatakan...

It's pretty cool photoshop tutorial

Anonim mengatakan...

Tutorial bagus nih. Langsung dicoba

Anonim mengatakan...

Tutorial bagus, langsung dicobà ah