Cara Booting Via USB di Komputer Lama

Tidak ada komentar
Komputer lama generasi pentium 3 kebawah bahkan pentium 4 ada yang belum support boot dari usb. Padahal di momen-momen tertentu kita butuh boot dari usb baik seperti install ulang OS via USB (baik via USB Flashdisk maupun USB CD/DVD-R), menjalankan OS dari USB dll. Opsi boot dari USB biasanya terdapat pada menu BIOS. Dari pada harus meng-update bios (iya kalau ada versi yang sesuai) untuk bisa mendapatkan menu boot komputer dari USB kita akalin aja supaya komputer lama bisa boot dari USB. Nah bagi yang ingin mengakali komputer jadul (komputer lama) supaya bisa boot dari USB ada triknya. Caranya adalah dengan memanfaatkan tool bernama PLoP Boot Manager dan sedikit utak-atik menu bootloader (boot.ini) di windows xp, BCEDIT di windows vista. Jadi ya harus ada OS winxp atau win vista dulu supaya bisa menggunakan trik boot from USB ini.

Berikut cara menggunakan PLoP Windows Boot Menu supaya Komputer yang belum dukung Boot from USB menjadi bisa booting dari USB :
  1. Download PloP Boot Manager-nya di http://www.plop.at/en/bootmanager.html#download
  2. Baca Manualnya (mudah banget)
  3. Terapkan (hehehehehe,,,)

Penampakan Plop Boot Manager (screenshoot)





Mudah kan? nah dengan demikian komputer jadul pun bisa boot dari USB dengan menggunakan trik ini. Silahkan dipraktekkan.

Tidak ada komentar