Apa itu VST?

1 komentar
Apa itu VST
Kali ini saya postingkan tulisan dengan judul Apa itu VST? Sekalipun seorang musisi dan bahkan seorang ahli komputerpun kadang belum tentu paham apa itu VST. Pertama-tama kita harus tahu kepanjangan dari VST dulu. VST adalah singkatan dari Virtual Studio Technology, Nah dari singkatan VST itu sendiri sudah menjelaskan bahwa VST adalah suatu perangkat lunak berkaitan dengan efek audio yang virtual alias berupa software baik yang harus dikolaborasikan dengan Digital Audio Workstation (DAW) Seperti Sonar, FL Studio, Nuendo dsb untuk bisa digunakan maupun yang standalone alias bisa digunakan langsung tanpa software pendukung. Contoh VST yang populer untuk gitar dapat digunakan secara standalone dan juga bisa sebagai plug-in Software DAW adalah Guitar Rig, sampai tulisan ini Guitar Rig telah memasuki versi 4. Nah sudah mulai sedikit paham kan tentang VST? Mungkin dari gambar dibawah ini bisa menambah pemahaman akan VST.

Mengenal Apa itu VST

Nah diatas adalah penjelasan secara visual akan VST. Di bagian kiri gambar adalah hardware intrumen musik sesungguhnya sementara yang dibagian kanannya adalah versi VST.

VST sangatlah beragam macamnya. Dari yang hanya memanipulasi suara bahkan ada yang memiliki sumber suara sendiri. Bila suatu VST memiliki sumber bunyi sendiri layaknya alat musik (instrumen musik) Maka VST tersebut berjenis VSTi (Virtual Studio Technology instrument). Banyak VST yang beredar di Internet baik yang gratis maupun berbayar. Dengan mengusung fitur beragam seperti memberikan efek suara ringan reverb, delay, flanger, stereoizer dan lain sebagainya juga ada yang berat yang tentunya akan membutuhkan resource CPU besar pula dalam penggunaannya.

Pada postingan berikutnya saya juga akan menuliskan daftar web penyedia VST gratis yang bisa di download secara cuma-cuma (update! klik di sini untuk mengetahui web penyedia/download VST gratis), juga akan membahas VST-VST yang populer kedepannya. Okedeh terjawab sudah apa itu VST. Dari penjelasan saya diatas mengenai definisi VST semoga dapat menambah wawasan sobat. Salam

1 komentar

Rashya mengatakan...

Cara instalnya bagaimana?